Friday, November 5, 2010

tentang kompetensi (1)

Sebagai salah satu mahasiswi manajemen bisnis, saat ini kami sedang belajar mengenai kompetensi -- yang notabene lagi booming banget akhir-akhir ini, banyak tema thesis mengangkat topik kompetensi.
Nah, minggu ini, kami belajar mengenai kompetensi itu..

image taken from here


Kompetensi adalah sekumpulan pengetahuan (knowledge), keahlian (skill), ataupun tingkah laku (attitude) yang dibutuhkan untuk dapat sukses melakukan pekerjaan di jabatan / posisi tertentu. Keunggulan kompetensi adalah, ia dapat membedakan antara karyawan yang low performer, average, dan superior. Oleh karena itu, ia dianggap cukup ideal sebagai alat ukur untuk assessment yang bertujuan untuk recruitment and selection, training need analysis, bahkan untuk kepentingan promosi. Kompetensi juga bisa digunakan untuk mengukur level kompetensi karyawan, dan pengembangan seperti apa yang diperlukan untuk meningkatkan kompetensi tersebut.

Ada banyak ahli mencoba menjelaskan kompetensi, di antaranya Spencer & Spencer, suami istri yang telah mengeluarkan kamus kompetensi yang dapat kita gunakan, juga Palan, Lucia & Lepsinger, serta Garnesh. Yang terakhir ini, kami agak kesulitan membaca bukunya... Piss ya, pak Garnesh.. hehehe

Semua tokoh tersebut memiliki cara masing-masing untuk membedah dan menjelaskan kompetensi. Cara untuk mengulik atau membedah kompetensi tersebut, antara lain dengan:
- Focus Group Discussion
- interview
- observasi
dan lain-lain
Bagaimana menemukannya? nanti dibedah lagi yaaa...



missAyoe

No comments: